Cara Kerja NOS
NOS mah..sebutan kita aza mengenai Nitrous Oxide… Jadi NOS, Nitrous Oxygen System,
suatu perusahaan yang memproduksi Nitrous Oxide buat keperluan
otomotif (bisa car atau motorcycles..). Nitrous Oxide (N2O) secara
kimia.. (CMIIW) terdiri dari 2 atom Nitrogen dan 1 atom Oksigen. Pertama
kali ditemukan pada saat World War II, yang digunakan pesawat tempur
Jerman.. (dikenal sebagai ‘GM-1′ red.) yang langsung diaplikasikan ke
intake, saat pesawat berada pada ketinggian tertentu.. mengingat oksigen
pada ketinggian tersebut berkurang…!!! Demikian juga British Royal
Air.. juga menggunakan Nitrous Oxygen… mengikuti pesawat tempur
Jerman…!!!
Nitrous
Oxygen pada suhu 300 derajat celcius, akan memecah menjadi nitrogen
dan oksigen. Nitrous Oxygen mengandung 36% kandungan Oxygen…
dibandingkan dengan udara yang hanya 23%. Pada tekanan yang
sama…Nitrous Oxygen lebih padat 50% dibandingkan udara. Dan hebatnya..
pada suatu cubic yang sama … Nitrous Oxygen mengandung oksigen 2.3 kali
lipat dibandingkan udara biasa.
Cara
kerjanya sih simple aza.. pada kecepatan optimal.. (dalam artian power
sudah maksimal.. gigi udah mentokk…) NOS disalurkan… kedalam intake
teruz ke internal combustion chamber dan sewaktu dimampatkan oleh
piston… dan ‘bang’ terjadi pengapian.. effectnya tercipta oxygen yang begitu
besaar.. ditambah dengan bensin yang poooll.. juga meningkatkan
compression ratio.. dan tentu saja power.. karena ‘bang’ nya begitu
kuat… maka torsinya pun besar… (‘effect kejanggut setaan..’).. imbasnya
power juga naik.. dan toop speed bertambah…
Teruz..
ada aturannya nggak make NOS…??? Yah tentulah… kalau oksigen super
banyak.. dan bensinnya kecil.. (nggak imbang), maka jadinya parah…
nembak-nembak.. or bahkan rusak tuh piston.. Penggunaan yang bener..
pasti bakalan mendongkrak power.. dan dosis kecil saza bisa mendongkrak
power 25-35%… Lebih dari 35% kudu punya partz yang didesign khusus..
seperti forged pistons, connecting rods, bearing dsb..!!!
Gue jadi teringat dengan salah satu bro yang mau pasangin NOS di motornya..
Check dulu tuh engine kuat nggak.. diguyur NOS.. khan tahu sendiri..
engine motor kecil.. kualitasnya nggak didesign buat nampung NOS lebih dari 35%… so itung-itung dulu daagh… !!!
wadaw.. saya baru tau ada NOS buat sepeda motor..
BalasHapuswkwk
tapi menurut saya, wajib korek jeroan mesin yang material nya kuat dulu ya baru pasang NOS nya..
kompresi jadi padat kan? hehe
BBM nya heran gw pakek apa minimal?